MENAMPILKAN INPUT KEYPAD PADA LCD
b. LCD Character
2. Rangkaian Simulasi [kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi libary LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library Keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; /Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
//Inisialisasi Library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
//Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
Percobaan 3
1. Kenapa kita hanya menggunakan pin data D4-D7
2. Saat menggunakan keypad 4x4, apakah terjadi
perbedaan pada program? Dimana perbedaannyaa?
Jawab
1.Ada 2 operasi lcd yaitu 4 bit atau 8 bit , karena pada percobaan yang digunakan 4 bit, itu makanya hanya digunakan pin D4-D7, tetapi jika menggunakan 8 bit, bisa digunakan pin D0-D7 . keuntungan dari menggunakan 4 bit yaitu pin digunakan sedikit tapi untuk memprosesan nya lebih lama dari pada menggunakan 8 bit.
2. Ada, akan terjadi perbedaan pada programnya, semakin besar ukuran keypad nya semakin banyak pula pin yang harus di deklarasi dan di inisialisasi saat pembuatan program. Perbedaannya terdapat pada pendeklarasian kolom, baris, atau matriks dan inisialisasi pada program.
Simulasi Proteus - Download
Listing Program - Download
Video - Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar